Kamis, 22 April 2010

Pinetarsol sang Penakluk dermatitis


Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Tapi tidak pada adam, saat berumur 6 bulan putra pertamaku terserang eksim, awalnya kami kira itu hanyalah penyakit kulit biasa namun setelah berumur 1 tahun ketika makin parah akhirnya kami putuskan untuk bawa ke dokter dan diketahui bahwa itulah eksim/dermatitis.
dua tiga macam dokter, adam gak sembuh sembuh. Dokter terakhir sempet baikan tapi obat yang diberikan cukup keras yaitu cream protopic 0.01% kata kakak sepupuku protopic termasuk obat keras padahal adam sudah memakai protopic lebih dari 1 minggu bahkan 2 minggu. Protopic sangat cepat menghilangkan dermatitis, tapi bukan untuk pemakaian jangka panjang harganya pun lumayan menguras kocek.
Akhirnya kami putuskan untuk ganti dokter, Dokter Husein Alatas...
ada 3 macam obat yang beliau resepkan yaitu Fenistil drops, antibiotik dan Pinetarsol..

Pinetarsol merupakan gel berwarna hijau yang katanya terbuat dari ekstrak cemara sangat ampuh lho, bahkan bisa dipakai sampai dermatitisnya hilang, dan alhamdulillah gak ada efek samping yang beresiko tinggi seperti protopic 0,01%.
Pinetarsol ini sangat jarang dijual di Jakarta. Ketika kehabisan saya sempat mencari di hampir seluruh apotik ternama di jakarta bahkan Melawai yang notabene Apotok besar tidak mempunyai database untuk obat ini begitu halnya di Apotik Kimia Farma dan Apotik Century. Saya juga sempat mengelilingi pasar obat Pramuka dari yang pinggir jalan sampai kios di pasar Pramuka.

Ketika kembali ke dokter Husein, beliau membenarkan bahwa obat ini memang jarang dan di Jakarta hanya di jual di Rumah Sakit Evasari daerah Pasar genjing belakang rutan Salemba dan somewhere di Blok M.

Alhamdulillah.... skarang gak susah lagi deh cari obat adam,,



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar